Jumat, 29 April 2016

Cara Memilih Daging Segar Yang Baik

Cara Memilih Daging Segar Yang Baik

Tidak banyak yang mengetahui cara memilih daging sapi yang baik dan ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal) sehingga gangguan kesehatan pun terjadi. Menurut drh. Fety Nurrachmawati (Medik Veteriner Pertama, Ditkesmavet PP) pada website Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, kualitas daging dipengaruhi oleh beberapa faktor.

drh. Fetty pun mengatakan kualitas daging dipengaruhi dari cara pemeliharaannya meliputi pemberian pakan, tata laksana pemeliharaan, dan perawatan kesehatan dan proses pemotongan.

Daging memang hidangan yang paling enak, tapi perhatikan kualitas daging saat dibeli. Makin segar dagingnya, makin lezat masakan yang kita hasilkan. Ini 5 cara memilih daging segar yang baik.

Memperhatikan Warna Daging

Jika Anda ingin membeli daging sebaiknya Anda harus memperhatikan terlebih dahulu warna daging tersebut. Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor. Jika daging kebiru-biruan itu berasal dari sapi yang sudah mati.

Memperhatikan Tekstur Daging

Pada saat membeli daging perhatikan juga teksturnya, daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Cara mengetahui tekstur daging yaitu dengan menekan sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar. Tetapi jika terasa lembek pada saat ditekan itu menandakan bahwa daging tersebut busuk.

Memilih Daging Dengan Mengetahui Bau / Aroma dan Bentuk Urat

Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam yang sangat menyengat.

Telitilah urat daging sapi yang Anda beli, jangan membeli daging yang uratnya mengembang dan kembung pilihlah daging sapi yang bentuk uratnya wajar tidak mengalami pembengkakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar